ngurus e-passport di Imigrasi Soetta

kemarin Jumat, saya mengurus pasport saya yang akan segera jatuh tempo (aelah dipikir sukuk haha).
karena pengen tau rasanya punya e-passport, akhirnya mama, saya dan ragijel memutuskan membuat perpanjangan passport yang e-passport.
langkah pertama yang kita lakukan adalah mnedaftar melalui registrasi online di https://antrian.imigrasi.go.id/ atau untuk yang punya android bisa download di playstore.
nah, karena e-passport hanya bisa dilakukan di kantor imigrasi kelas 1, dari mendaaftar online itu tempat yang kami dapat (yang available hari itu hanya) di Kantor Imigrasi kelas 1, Soekarno Hatta.
dimanakah lokasinya? lokasinya persis di sebelah kantor kemenkumham soetta di area perkantoran di Soetta.
dari antrian ini, kami dapat antrian jam 11.00-12.00

nah, karena taunya antrian passport selalu bejibun dan segambreng saya berangkat dari jam 7 dong, sampe sana ZONK!
karena saya baru boleh masuk sesuai jam yang saya di assign dan waktu masuk harus tunjukin antrian itu, bahkan scan barcode segala.
jadilah kami nunggu, untung deket kantin :p

proses perpanjangan ini cepet banget sih, setelah sekitar 10.30 kami dipanggil masuk untuk seluruh antrian jam 11.00 kemudian kami antri untuk masukin berkas.
nah disinilah kita harus nunjukin scan barcode antrian kita.
habis itu, kita dikasih antrian foto-wawancara-dan SELESAI.
proses yang berlangsung dari antrian sampe selesai foto kalo udah dipanggil masuk sih nggak sampe 30 menit, beneran cepet banget.

nah tips buat yang mau perpanjangan e-passport,
menurutku kantor imigrasi Soetta ini tergolong yang sepi sih, jadi beneran hemat waktu banget meskipun jauhnya masya Allah ya.
terus kalo udah antri online disini, datenglah 1-1,5 jam sebelum jam antrian kamu, jadi nggak terlalu buang waktu banyak. spare waktu ini bisa kepake buat ngisi form yang udah disediain.

nah dokumen yang perlu dibawa:
1. akta lahir (fotokopi dan asli) – fotokopi di submit dan asli hanya buat dicek. akta ini bisa digantikan sama ijzah sd atau ijazah sekolah yang terpampang nyata nama orang tuanya. atau kartu keluarga.
2. paspor lama (yaiyalah)
paspor lama bakal disubmit kan mau diganti. jadi selama masa perpanjangan kalian nggak bisa bepergian keluar negeri :p
3. ktp dan fotokopi ktp
fotokopi disbumit dan asli hanya akan di cek.
4. pulpen tinta hitam HARUS BANGET DIISI PAKE TINTA HITAM!

biaya perpanjangan ini sekitar 655.000 Rupiah. dibayarkannya di atm ataupun ke teller. oiya, nggak semua atm bisa. kemaren sih nyoba di atm kementerian keuangan cuma dibilang transaksi dibatalkan, terusm atm keluar begitu saja.
kalo kamu bayar di hari tersebut, proses akan dimulai hari itu, kalo ditunda ya otomatis waktu pengambilan ditunda juga.
kemaren sih dibilang 6-10 hari baru bisa diambil, tapi SURPRISINGLY hari ini hari ke-5 waktu saya coba cek pakai sms, dibilang udah selesai 🙂

seneng deh sekarang sistem pemerintah makin mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *