#onemonthonetrip (duo) khasandy goes to HK! (day1)

hari kejepit nasional yang dirayakan cukup membahagiakan, karena saya dan adik saya memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan backpaker ala-ala ke HONGKONG!

Hari 1:
Setelah penerbangan yang cukup melelahkan dan drama, akhirnya kami sampai di Guest House kami di Tom’s Guest House, Chung King Mansion, Tsim Sha Tsui.
Fyi perjalanan dari Bandara Hongkong menuju ke Guest House kami tempuh selama sekitar 1 jam, dengan Bus. Bus yang kami naiki adalah A21.
Cara mencari bus tersebut, keluar dari imigrasi dan kedatangan, terus bakal ketemu jalan agak naik nah disitu ketemu MTR Airport Station dan pusat informasi MTR, yang didalemnya jual octopus card, yang bisa jadi kartu transportasi kemana-pun kami (tinggal di-isi ulang per hari aja sih) dengan harga 150 HKD, 100-nya administrasi fee (yang bakal balik kalo kamu balikin ocotpus card) dan 50-nya jadi saldo octopus card.
Nah bus station ada di bawah lagi, nanti setiap 10-15 menit akan ada bus A21. Pantau terus tulisan yang ada di layar, seingat saya ada di drop point ke 14, Nathan Road.
Untuk menemukan Chung King Mansion, turun belok kiri, 2-3 bangunan setelahnya adalah Chung King Mansion. Tepat di antara T junction I-Square dan Swatch :p

Setelah sampai di hotel, unfortunately kami belum bisa check-in. Dan kami cuma duduk-duduk nunggu di kursi depan resepsionis yang mungkin akan keren kalo saya sebut lobby 😀
Sampai akhirnya jam 11.30 kami bisa early check-in karena petugas di guest house baru nge-baca ada tick mark early check-in di booking-an via agoda saya.
Lucky me! Kesan pertama di hotel ini, petugas yang sangat sangat baik dan helpful, meskipun kamar kecil layaknya kamar di Hong Kong kebanyakan 😀

Dan kemudian perjalanan-pun dimulai~
Perjalanan pertama kami menuju The Peak Tram dan Madame Tussauds Hong Kong. Kedua tiket ini bukan hasil antrian di TKP, dan syukurnya antrian hari itu berjibun banget. Saya beli tiket untuk keduanya di website Madame Tussauds, dan kesana cuma bawa hasil print email saya dan attachment yang udah dikasih aja.
Menuju lokasi trip pertama ini kami naik ferry menyebrang ke Hongkong Island, Pelabuhan Star Ferry Pier. Lokasi menuju Star Ferry Pier ini cukup deket dengan Chung King Mansion sekitar 7-10 menit. Kalo di kita sih jadi lama, karena mampir 1881 heritage yang menurut kami bukan tempat belanja yang oke untuk seorang backpaker 😀
Hanya ada satu spot foto ala castle lucu gitu.

Cara naiknya ferry ini lewat pintu masuk terus tap aja octopus card yang kita punya (kalo nggak salah sih biayanya HKD 3). Kebeneran banget kami nggak sempet nunggu tapi malah lari-lari karena kapalnya mau berangkat 😀
Perjalanan kami menuju Central Pier sekitar 15 menit setelahnya (karena ke-sok-tau-an saya dan Ragizel) kita jalan ke The Peak Tram yang paling HITSZ ituuuh yang menempuh waktu sekitar 15-20 menit dikarenakan tempat bagus dikit cekrek-tempat bagus lagi cekrek-dan begitu seterusnya~
Tapi kami puas banget naik kereta dengan kemiringan 45 derajat menuju langit langit dan kemudian ke Madame Tussauds kemudian turun ke daratan lagi dengan kereta yang sama (tapi jalannya mundur).

dan kemudian di Madame Tussauds…

di hari pertama ini, saya dapet pengalaman sangat berharga karena ini adalah awal perjalanan!
masuk ke dalam stasiun MTR Hong Kong, dimarahin petugas karena doi nggak bisa bahasa inggris dan saya nggak paham apa maksud pembicaraan beliau. diberikannya saya sebuah peta MTR yang mulai membuka dunia saya hari itu hahahaha. Konon sebenernya bisa juga sih ke Peak Tram dan Madame Tussauds ini naik Tram ding-ding yang bisa kita dapatkan se-keluarnya dari Stasiun MTR, tapi kan kita nggak mudeng yah~ Nggakpapa, pengalaman beneran jadi guru berharga di trip pertama ala bolang ini.
dan sejak saat itu, kemana-mana kami sombong dong naik MTR dan ding-ding kemana-mana *gayaaa 😀

Perjalanan selanjutnya, kami ke Islamic Canteen di Wan Chai dan berharap makan dimsum disana karena bingung mau makan apa.
Ternyata dimsum habis, dan kami makan aja segala apa yang halal disana beli ajalah. Kenyang puas!
Sembari menunggu warung buka, kami sempet istirahat sejenak di Masjid karena disaat bersamaan disana lagi ada pengajian men.
Dan bubarannya kami ke City Gate karena konon disana semua barang branded murah dan apik, dan udah bawa semua amunisi (baca: uang saku). Dan ternyata failed. Tidak ada yang nyantol, entah karena selera atau mata hati kami yang ditutup Gusti Allah :p

ALHAMDULILLAH HARI PERTAMA SELESAAAI~
hari pertama yang saya sesali, kenapa nggak hari ini main ke ladies market atau sejenisnya pasar di malam hari yah~
nggakpapa, pengalaman membuat kami pengen kesana lagi dengan tujuan lain *eh.