#onemonthonetrip my bucketlist: JAPAN!

seperti tahun tahun sebelumnya, tahun ini di ulang tahun saya di bulan Agustus saya punya rencana kasih kado mama.
karena mama saya secara finansial kemampuan daya beli-nya lebih tinggi, dibandingin kasih barang saya inisiatif untuk rutin mengajak beliau nge trip aja.
dan tahun kedua menerapkan ilmu “kadolah orang tuamu di hari ultahmu” yang kedua ini pilihannya jatuh pada mengunjungi Jepang :))
sejujurnya planning mengunjungi jepang ini sudah sejak Agustus, tapi Agustus masih summer kemudian bulan selanjutnya si anak sok sibuk nggak boleh keluar kantor jadilah tertunda sampai Desember, yang alhamdulila.

kenapa jepang?

mama saya sebenernya bukan tipe ibu-ibu yang pengenan dan selalu cerita sama anaknya pengennya apa. bahkan kalo ditanya, mama pengen diajak kemana jawabannya “ke klaten aja mama kalo sama anak anaknya udah seneng” YHAAAA :p
tapi nggak tau kenapa saya insting aja ngajakin beliau kesana bikin seneng, apalagi dengan mbolang berdua kaya backpaker angkat koper naik turun stasiun dan bus. dan perjuangan lainnya.
btw, ada tips untuk membaca apa yang ibu atau orang tua kita senangi yaitu: dengerin baik baik apa yang sering beliau ceritain, misalnya “eh masak temennya mama itu dapet tiket promo ke jepang” “si om x sama tante y lagi di jepang bagus ya musimnya” and so on.
seperti layaknya kita yang sedang jatuh cinta, orang cenderung sering menceritakan hal yang ia memiliki ketertarikan.

btw, kenapa saya nggak ngajak papa saya dikarenakan papa saya tuh bukan tipe traveler. kesenengan beliau dibeliin soto, martabak, dibawain anaknya tumblr starbucks di negara yang anaknya kunjungi, dan menulis paper serta buku. sehingga dibandingkan saling menganggu kesenengan saya memilih membawakan tumblr sebanyak banyaknya aja buat beliau. 😀
jadi, jangan bilang saya nggak sayang sama papa saya atau saya nggak berterima kasih sama beliau ya.
saya punya treatment sayang yang berbeda untuk tiap orang spesial.

trip ini diawali dengan mencari seorang guide di jepang yang bisa bikinin itinerary sekaligus temenin kita jalan selama disana.
unfortunately, biaya yang dibutuhkan untuk itu cukup mahal yaa. karena kita harus mengcover semua kebutuhan selama disana, serta penginapan dan tiket pp.
alternatif kedua cari mahasiswa/mahasiswi indonesia di jepang yang buka jasa guide buat sampingan, tapi setelah muterin ig dan google kesana kemari belom ketemu juga, sampe saya ketemu seorang pembuat itinerary jepang terbaik versi on the spot yang rela banget digangguin dari persiapan berangkat sampe selama disana, who named Gilang (kalau butuh kontak gilang, bisa hubungi aku ya. aku sangat rekomen orang ini!!!)
Kak Gilang ini konon katanya sudah beberapa kali ke Jepang jadi hapal gitu deh segala penjuru disana.
setelah lega dengan pembuat itin, akhirnya saya hunting tiket.
Alhamdulillah event Garuda Travel Fair beneran membantu banget! tips supaya dapet murah dengan keribetan sendiri (nggak perlu agen, utak atik aja sendiri) perhatikan happy hour yang tertera di baliho baliho garuda travel fair ataupun segala macem travel fair. dan hunting sendiri dengan via.com. sistem kerja dari via.com selayaknya traveloka, tiket.com dan sejenisnya kok, jadi nggak perlu bingung.
sayangnya, kalo mau cicilan di via.com hanya menyediakan beberapa bank yang menurutku kurang common :p

setelah beres dengan itin, tiket, dan cuti (INI PENTING BANGET), akhirnya persiapan terakhir adalah visa.
hasil google saya atas visa adalah MENDING NGURUS SENDIRI. soalnya nggak ribet dan sangat sangat dipermudah.
here’s the link.
di halaman muka itu saya mmebuat perjanjian di h minus 2 kedatangan saya. milih juga jam datangnya, katanya sih ada dispensasi keterlambatan dari jam perjanjian 10-15 menit. dokumen yang dibutuhkan untuk apply visa juga nggak ribet kok (here’s)
dari segala jenis tujuan kedatangan, ada perbedaan juga treatment dokumen yang dibutuhkan.
biaya yang dibutuhkan apply visa seoarang sekitar Rp 525.000,00 ini terdiri dari biaya administrasi Rp 150.000,00 dan single entry visa Rp 370.000,00
pastikan download dokumen yang bener dan tulis selengkap-lengkapnya alamat hotel ataupun tempat kamu menginap nantinya juga informasi lain yang diperlukan.
nanti setelah kamu masukin dokumen dan pembayaran dilakukan, kamu bakal dapet email notifikasi kalo dokumen sudah terkirim. begitu juga saat dokumen udah bisa diambil akan ada notifikasi di hape kamu, jadi rasanya mengurus sendiri aja sudah sangat mudah kok 🙂
btw, seneng deh di kantor vsa yang ada di lotte shopping ini lantai 4 ini, karena nuasanya semuanya putih ungu :)))))

persiapan selanjtunya kayanya persiapan fisik sih buat saya dan mama, soalnya kita bakal kemana mana naik kereta dan bakal banyak jalan (ada ding sekali naik taksi ke bandara karena kopernya beranak :p)
sharing selanjutnya bakal cerita tentang deg-deg-an soal visa!
seeyaw

2 thoughts on “#onemonthonetrip my bucketlist: JAPAN!”

  1. Kak Aichaaa.. duuh belajar banyak banget deh dari tulisan ini. Highlight nya : “Kadoi lah orang tuamu saat ulang tahunmu”.
    Doh, baru sadar sama konsep ini.
    Keep writing yaaa Kak Aichaaa 😘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *