Kajian 260318

Hi!
Kembali lagi dalam reviu Kajian hehe. Buat yang belom tau setiap hari minggu terakhir di setiap bulan, Aa Gym bersama Daarut Tauhid-nya bikin acara Kajian Tauhid.
Dikemas cukup asik dan simple.
Tempatnya sih sejauh ini di Masjid Bank Indonesia.
Lagi-lagi buat orang yang kurang iman kaya saya, dateng ke majelis ilmu gini beneran lebih sering mengingatkan bahwa Allah di sekitar kita.
Nikmat Allah luar biasa. Dan sedikit waktu buat sedih apalagi galau.

Kajian tanggal 26 Maret 2018 ini.
Beliau membahas tentang Ketauhid-an tekait kemudahan kemudahan Allah.

Q.S. Al Hadid:21-24
(21) Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.
(22) Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
(23) (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri
(24) (yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barangsiapa yang berpaling (dari perintah-perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Q.S. Annisa:79
ebajikan apa pun yang kamu peroleh, adalah dari sisi Allah, dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu (Muhammad) menjadi Rasul kepada seluruh manusia. Dan cukuplah Allah yang menjadi saksi.

Q.S. At Taubah:51
Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal”

Dalam Surat Al Insyirah, ada suatu ayat tentang kemudahan yaitu “Fainnama al usriyusraa. Inna maal usri yusraa. Kemudahan dalam kesulitan ini, sampai dinyatakan dalam 2kali. Mengingatkan kita bahwa sebenernya dalam 1 kesulitan ada 2 kemudahan yang mengapit.
Sehingga, Aa Gym mengingatkan kita semua daripada banyak mikirin masalah bikin gelisah mendingan banyak zikir.

Ini seperti yang dialami Nabi Yunus ketika dalam 3 kegelapan (masalah) yang dihadapi, yaitu dalam perut hiu- umatnya jahat kemudian ditinggalkan- naik kapal dikocok nama nabi yang keluar.
Beliau membaca Lailahailla anta subhanka inni kuntu minaddolimin

Sungguh kita juga perlu mengingatkan diri sendiri bahwa kebaikan datang nya dari Allah. Sedangkan keburukan datangnya dari perilaku sendiri. Dan jangan lupa untuk berdzikir karena memudahkan berbagai hal dalam hidup.

Sekali lagi ingat bahwa kebaikan itu datangnya dari Allah, jadi jangan fokus pada apa yang kita mau. Karena Allah maha baik. Mengatur sesuatu baik.
Seperti yang disebutkan dalam Q.S Al Baqarah: 216
“Boleh jadi kamu membenci padahal baik bagimu. Boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal tidak baik bagimu.
Allah lebih tahu dan kamu tidak tahu”

Bermanja manjalah sama Allah ketika berdoa, Allah suka umat yang bermanja sama Allah.
Doa bagus yang dibilang sama Aa Gym.
“Wahai Allah yang maha hidup. Wahai yang maha berdiri sendiri. Wahai yang maha bergantung umatnNya.
Dengan rahmat Mu tlglah saya.
Perbaiki urusan saya seluruhnya.
Jangan perkenankan hamba sebagai makhluk mengurus urusan hamba sendiri ya Allah barang sekejap”

Dan persembahkan dzikir yang baik kepada Allah.
“Lailaha anta Subhanaka Innikuntu minaddolimin”
Yang kalo kita pecah didalamnya maknanya syahdu sekali.
Lailaha anta bermakna tauhid. Artinya Tiada Tuhan selain Allah
Subhanaka. Kita sebagai makhluk yang kecil ini sedang berkhusnudzon sama Allah. Karena Allah yang maha suci.
Innikuntu minaddolimin. Sebagai umat yang penuh dosa, menyatakan bahwa saya yang dzalim; saya yang dosa.

Masya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *