sim hilang di jakarta, ktp jogja. gimana ngurusnya? part2

setelah lelah mengurus di jakarta tanpa hasil,
akhirnya saya mengurus semua dokumen per-sim-an ini di jogja.

kata temen om saya yang di kepolisian, bisa nih ngurus dimana aja, bahkan di sim keliling,
maka tujuan pertama hari ini, datanglah ke suatu sim keliling di daerah jalan solo.
nihil. nggak bisa. ditolak. tanpa hasil.
sedih. dan direkomendasikan ke tempat pengurusan sim di daerah pathuk.
dan masih nihil. katanya nggak bisalah. harus ngurus di kepolisian sleman yang jauhnya Subhanallah ituh.
baiklah kalo ini permainannya.

karena emosional memuncak, saya ngotot pengen ke tempat pembuatan sim di ramai mall, dimana disitulah tempat pembuatan sim saya yang hilang,
dari kedatangan saya, awalnya beliau beliau sudah antipati nih bilang nggak-ada-lah, nggak-bisa-lah, ke-sleman-ajalah.
KEZEL!
karena saya nggak bisa di-keras-in, saya semakin ngotot bahwa data saya pasti tersimpan disitu.
dan bener aja, setelah ngotot bilang nggak ada, tiba-tiba mereka bilang data saya ada, dan akan diperbaharui disana asalkan memenuhi syarat:
1. fotokopi sim lama (jadi saya foto aja, terus cari print di ramai mall. susah banget yaiyalah mana ada rentalan dalem mall. beruntung ada toko printer)
2. fotokopi ktp
3. surat hilang
4. surat sehat (perlengkapan kalo mau ngurus sim). btw, sebenernya kan saya udah tes kesehatan di tempat ngurus sim di jakarta, but… nggak boleh dipake di jogja jadi tetep harus ngurus lagi ya.

dan jadilah sim saya!
ada yang aneh selama proses penggantian sim ini, yaitu:
1. bapak ini tidak melakukan find berdasarkan nomor ktp saya. padahal kan e-ktp bukannya untuk mengintegrasikan data yah? konon, kabarnya tidak semua polisi yang input data melakukan input NIK. lah terus guna NIK dalam E-KTP apa dong?

2. ketika saya antri di ramai, ada beberapa orang yang sudah antri tapi ditolak dan diarahkan ke JCM atau ke Pathuk, kan kasian ya udah antri. konon, katanya di ramai ini akses-nya terhadap data nggak sebesar yang ada di JCM. jadi nggak bisa input double (ini saya belom paham sih maksudnya apa), gemesnya adalah banyak juga yang dari awal nggak ditolak tapi pas udah foto terus dibilang maaf bu/pak sistemnya nggak mau nerima, ke JCM aja ya.
konon, si bapak juga curhat, ada sistem baru yang dipakai untuk ngurus sim ini. lebih ribet, dan lebih PHP in pengurusan sih menurutku.

🙂
Jangan lupa fotoin data-data pentingnya guys!

1 thought on “sim hilang di jakarta, ktp jogja. gimana ngurusnya? part2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *